BEKAM KECANTIKAN DAN AWET MUDA

Dulu sebelum mengenal bekam, kulit saya mudah sekali alergi dan gatal-gatal. Gak kenal panas, gak kenal dingin, apalagi kalo keluar banyak keringat kayak habis olahraga, kulit langsung ruam, merah, gatal, dan kadang muncul bintik-bintik kecil, lama-lama jadi bentol-bentol besar. Malah kadang terasa panas juga. Orang Jawa bilang biduran. Tersiksa deh kalo sudah muncul kayak gitu.

Selain kulit, wajah saya juga jadi banyak jerawat, cenderung berminyak, padahal saya rajin membersihkan wajah. Pake sabun wajah, pake pelembab wajah, maskeran juga. Kulit wajah saya jadi sensitif. Apalagi kalo udah makan goreng-gorengan atau menjelang haid, Jerawat saya mulai bermunculan deh hadeueuhh…

Namun alhamdulillaah, semenjak saya mencoba terapi bekam rutin, alergi dan gatal-gatalnya juga berangsur pulih. Termasuk jerawat yang ada di wajah. Alhamdulillaah mulai bersih juga, tinggal bekas-bekasnya aja. Awal-awal saya mencoba terapi bekam, takut juga sih, soalnya pake jarum dan keluar darah lagi, ngeri ngebayanginnya. Tapi setelah mencoba, alhamdulillaah, ternyata tidak sesakit yang saya bayangkan hehe…

Pas awal saya dibekam, yang dibekam semua titik di punggung saya, kurang lebih ada 9 titik. Kata terapisnya itu titik inti sunnah Rosul yang berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh. Karena masalah alergi, gatal-gatal atau jerawat, tidak hanya masalah kulit semata, tapi itu berawal dari organ dalam yang bermasalah juga.

Seminggu kemudian, baru saya melakukan bekam dititik wajah saya juga. Kurang lebih ada sekitar 6 titik. Hanya saja proses bekamnya beda tehniknya dengan bekam waktu di punggung. Jadi gak terlalu berbekas kulit yang habis dibekamnya.

Terapi itu saya lakukan rutin sepekan sekali, gantian antara punggung dan wajah saya, kurang lebih selama 3 bulan. Alhamdulillaah punggung saya jadi terasa ringan, dan wajah saya juga jadi berkurang jerawatnya. Alergi dan gatal-gatal juga mulai membaik. Sekarang saya melakukan bekam rutin cukup hanya sebulan dua kali saja, untuk bekam punggung sekali, untuk wajah sekali . Itu dalam jeda dua minggu. Karena sekarang sudah masuk perawatan  atau tune up aja.

Senang rasanya, tubuh jadi bugar, kulit jadi segar, wajah pun jadi tampak awet muda. Alhamdulillaah Segala Puji untukMu Wahai Robb, yang memberikan nikmat sehat dengan sunnah Nabi lewat Hijamah/bekam. Maka nikmat Tuhanmu manakah yang hendak kau dustakan??

Ternyata ini lho beberapa  alasan mekanisme hijamah/bekam bisa untuk kecantikan dan awet muda itu :

  1. Bekam melancarkan peredaran darah

Seperti yang kita ketahui, bekam memeng sengaja mengeluarkan darah-darah yang sudah rusak dari permukaan kulit. Sehingga hal ini menyebabkan terbuangnya darah-darah yang rusak itu sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

  • Merawat kesehatan wajah

Bekam mampu menjaga kulit wajah dari kerusakan yang disebabkan paparan radikal bebas.

  • Regenerasi sel kulit

Penyebab utama kulit wajah tampak kusam hingga berjerawat, adalah proses regenerasi sel kulit mati yang tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sel kulit baru tidak bisa berkembang secara maksimal. Sehingga menyebabkan wajah tampak kusam. Oleh karena itu bekam sudah terbukti efektif untuk melancarkan regenerasi kulit sehingga terlihat lebih sehat, segar dan juga awet muda.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan terapi hijamah/bekam mampu menjadikan kulit kita lebih sehat. Tentu saja hal ini kita sinergikan juga dengan pola makan yang baik, banyak makan sayur dan buah segar, banyak  minum air putih, olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Tak lupa herbal sunnah juga kita konsumsi, seperti madu dan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E, baik sekali unutk elastisitas kulit, sehingga kulit akan terasa lebih kencang, halus dan sehat.

Dan yang terakhir,untuk menjaga kesehatan wajah kita agar terlihat segar, cantik dan nampak  awet muda, adalah mensinergikan terapi hijamah/bekam ini dengan terapi do’a, terapi  wudlu, rajin baca qur’an, qiyamullail/sholat malam dan menjaga akhlak yang baik kepada sesama. Hal ini sebagaimana dicontohkan Rosulullooh SAW ketika kita bercermin, maka disunnahkan untuk berdo’a, “Alloohumma kamaa hassanta kholqi fahassin khuluqii. Ya Alloh, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku, maka perindah pulalah akhlakku”

Alhamdulillaah itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan kita, biar terlihat sehat, segar, cantik dan awet muda dilengkapi dengan akhlak yang baik, maka itulah yang disebut dengan Inner Beauty bagi wanita.  Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan nikmat sehat, baik jasmani maupun rohani kita. Melapangkan rizki kita, dan memberikan kemudahan bagi kita untuk menggapai segala cita-cita dan impian kita, Aamiin Yaa Roob. BAAROKALLOOHUFIIKUM…

Pondokgede, Selasa 6 Rojab 1438 H/ 4 April 2017

Ibnatu Muslim Asy Syathibi

BEKAM KECANTIKAN DAN AWET MUDA