• Category Archives TERAPI BEKAM
  • Antara Shaum Dan berbekam

    Antara Shaum Dan berbekam

    Alhamdulillaah Romadlon sudah dekat. Setiap keluarga mukmin pasti ingin Romadlonnya nikmat, berkesan dan meningkat lebih baik. Dani ini semua butuh persiapan. Baik itu persiapan fisik, materi, ilmu dan ruhiyyah. Persiapan itu telah diajarkan Rosulullooh pada dua bulan sebelumnya, Rojab dan Sya’ban. Sebagaimana dalam sabda Beliau. Dari Usamah  bin Zaid berkata,” Ya Rosulullooh aku belum pernah melihatmu berpuasa dibulan-bulan lain seperti puasamu di bulan Sya’ban. Rosul menjawab, itu ada bulan yang dilalaikan manusia antara Rojab dan Romadlon. Ia adalah bulan diangkatnya amal padanya kepada Robbul’alamin. Maka aku ingin amalku diangkat dalam keadaan berpuasa”.  (HR Nasa’i dihasankan oleh Al Albani)

    Ada 2 peristiwa menakjumkan yang berlaku di dalam tubuh ketika kita melakukan shaum.

    1. Rekonstruksi sel-sel tubuh

    Pada saat berpuasa tubuh akan melakukan pembentukan sel-sel secara optimal dan meningkatkan kemampuan fungsionalnya, yang tidak dilakukan ketika sedang tidak melakukan puasa, karena ketika tidak berpuasa sebagian besar energi didistribusikan untuk membantu proses pencernaan. Puasa yang dianjurkan dalam Islam merupakan suatu sistem ideal dalam memelihara fungsi-fungsi di dalam tubuh. Khususnya sel-sel hati, serta mampu menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh.

    1. Pembersihan tubuh dari racun

    Pada saat berpuasa cadangan lemak dalam tubuh akan didistribusikan dan dikonsentrasikan di hati, sehingga  keadaan ini memudahkan agar hati melakukan proses oksidasi untuk menekan racun-racun keluar dan dibersihkan bersama keluarnya kotoran-kotoran dalam tubuh. Proses rekonsrtriksi sel yang sangat  cepat pada saat berpuasa juga mengakibatkan aktivitas sel-sel mencapai puncak kemampuannya, sehingga lebih mudah dan cepat dalam membunuh bakteri dan berbagai ancaman mikroorganisme patogen lainnya di dalam tubuh.

     

    “Dan berpuasa itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (QS Al Baqoroh 2 : 184)

    Dari Abbas RA, “Nabi SAW (menyengaja) berbekam sedang beliau dalam keadaan shaum (HR Bukhori)

    Berbekam saat shaum

    Mekanisme shaum yang luar biasa manfaatnya bagi tubuh, akan menjadi sangat berkesan jika disinergikan dengan hijamah/bekam. Shaum mampu mengangkat toksin dan sel-sel yang sudah tidak diperlukan ke permukaan tubuh, sehingga sangat ideal  jika pada saat yang sama juga dilakukan terapi hijamah/bekam. Karena racun yang sudah ada di permukaan tubuh aka tersedot tuntas oleh hisapan kop bekam.

    Shaum juga mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga bekam pada saat shaum merupakan bekam dengan kondisi sirkulasi darah yang sangat baik. Ini menyebabkan kesan dari proses bekam akan cepat direspon oleh tubuh, sehingga tujuan utama dariproses pembekaman yakni meningkatkan fungsi imunitas tubuh akan cepat dicapai  dalam kondisi shaum tersebut.

    Rosulullooh SAW dan para sahabat sudah terbiasa melazimkan berbekam ketika shaum, karenanya dengan izin Alloh mereka hidup dalam kesehatan yang paripurna/holistik.

    Seorang sahabat yang sangat istiqomah dalam mengamalkan berbekam ketika shaum salah satunya adalah Ibnu Umar RA, seorang sahabat yang dikenal sangat teguh memegang sunnah Nabi SAW. Bukhori meriwayatkan bahwa Ibnu Umar RA biasa berbekam dalam keadaan berpuasa, sampai ketika ia semakin tua dan fisiknya lemah, maka ia meninggalkan berbekam di siang hari ketika shaum, namun tetap melakukannya pada malam harinya.

    DARAH YANG AJAIB

    Berikut fakta yang mengagumkan dari darah kita:

    1. Apabila gelas diisi air putih, ditetesi darah segar (manusia), maka air berubah menjadi merah karena darah tercampur rata tanpa diaduk.

    *Kesimpulan: Air putih itu sangat baik untuk tubuh/darah kita

     

    1. Gelas diisi air garam, ditetesi darah segar, diaduk. Tetap tidak tercampur dengan baik/rata, terlihat darah menggumpal kecil-kecil dan kental.

    *Kesimpulan : Terlalu banyak makan garam, darah menjadi kental, menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, jantung harus bekerja lebih keras memompanya. Bisa berakibat darah tinggi dan stroke.

     

    1. Gelas diisi minyak, ditetesi darah. Tidak mau bercampur dan menggumpal besar

    *Kesimpulan : Terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik, kolesterol menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung, menyebabkan penyakit jantung yang amat riskan kematian karena bisa tiba-tiba anfal dan tidak tertolong.

     

    1. Gelas diisi alkohol, ditetesi darah. Langsung bercampur, tapi lama-lama darah berubah warna menjadi coklat.

    *Kesimpulan : Alkohol akan merusak darah dan tubuh kita.

     

    Inilah sedikit dari luasnya hikmah yang dapat kita ambil dari untaian sunnah Rosulullooh SAW yang mulia. Alhamdulillaah, mudah-mudahan kita diberikan kemampuan dan keistiqomahan dalam mengamalkan sunnah Rosulullooh SAW ini, dan kita songsong bulan Romadlon mendatang sebagai bulan berbekam, agar senantiasa hidup dalam kesehatan dan keberkahan. Wallohu’alam bishowab.

    (Dinukil dari berbagai sumber)

    Pondokgede, 4 Rojab 1438 H/ 2 April 2017

    Ibnatu Muslim Asy Syathibi

    bekam-saat-shaum-brc



  • Berjuang Menghadapi Thalasemia

     THALASEMIA

    Sebutlah namanya Annisa, seorang gadis mungil yang masih berusia 2 tahun. Dia terlahir dalam keadaan diuji sakit, yaitu menderita thalasemia. Ketika dia baru dilahirkan, tak tampak kelainan apa-apa. Dia lahir dalam keadaan normal layaknya bayi-bayi yang lain. Namun setelah usianya menginjak 1 tahun, barulah kelihatan. Perkembangan tubuhnya  banyak hambatan, sering sakit-sakitan, mulai dari batuk, pilek, demam biasa yang tak kunjung berhenti. Dokter umum dan spesialis anak pun jadi langganan orang tua Annisa setiap pekannya. Namun setelah diteliti lebih lanjut, barulah diketahui bahwa Annisa kecil menderita penyakit kelainan darah yaitu thalasemia minor.

    Thalasemia adalah kelainan darah, yang ditandai dengan kadar sel darah merah yang mudah rusak yaitu  3 sampai 4 kali lebih cepat disbanding sel darah normal. Oleh karena itu umurnya pun relatif lebih pendek dibanding dengan sel darah normal. Jika sel darah normal memiliki waktu120 hari dalam meregenerasi sel darahnya, maka bagi penderita thalasemia sel darah merahnya mengalami waktu yang lebih cepat yaitu sekitar 23 hari.

    Sel darah merah yang rusak itu akan diuraikan menjadi zat besi didalam limpa. Karena kerusakan darah terjadi dengan cepat, maka kandungan zat besi dalam tubuh menumpuk dan bisa mengganggu fungsi kerja organ lain sehingga berujung kematian.

    Gejala penyakit dari orang yang menderita thalasemia, menyerupai gejala pada orang yang menderita penyakit anemia, diantaranya :

    • wajah pucat
    • mengalami insomnia/ susah tidur
    • tubuh mengalami lemah, letih, lesu
    • kurang nafsu makan
    • tubuh mudah mengalami infeksi
    • jantung bekerja lebih cepat karena untuk memenuhi pembentukan hemoglobin
    • mengalami kerapuhan dan penipisan tulang. Hal ini disebabkan oleh sum-sum tulang yang berperan penting dalam menghasilkan hemoglobin tersebut
    • berwajah mongoloid
    • mengalami penyakit kuning
    • pertumbuhan tubuh terganggu dan perutnya membesar

    Secara medis, penderita thalasemia selalu membutuhkan tranfusi darah yang sehat untuk bertahan hidup. Jika tidak mendapatkan tranfusi darah, akan terjadi akibat yang sangat fatal yang mengakibatkan kematian.

     

    Begitu juga dengan Annisa kecil, rumah sakit, dokter, obat-obatan, dan  tranfusi darah menjadi aktifitas rutin yang harus dijalani setiap waktu untuk mempertahankan hidupnya. Tak sedikit waktu, tenaga dan tentu saja biaya yang harus dikeluarkan orang tuanya demi anak yang dicintainya. Bayangkan saja, sekitar 3  atau 4 tahun yang lalu, biaya untuk sekali tranfusi darah adalah Rp 200.000 di rumah sakit, dan Annisa membutuhkan 2 kali tranfusi darah dalam waktu sepekan. Berarti 8 kali pertemuan dalam setiap bulannya. Rp 200.000 dikali 8 kali pertemuan berarti sekitar Rp 1.600.000 hanya untuk tranfusi darah aja, belum resep obat-obatan yang harus ditebus setiap bulannya?? Hemm…itu adalah angka yang tidak kecil buat orang tua annisa yang hanya berpenghasilan biasa.

    Namun pertolongan dan takdir Alloh datang buat Annisa dan orang tuanya. Atas pemberitahuan dari seorang teman, mereka dikenalkan dengan Thibbunnabawi, pengobatan cara nabi Muhammad SAW, yaitu dengan ruqyah, hijjamah/bekam dan herbal-herbal alami.

    Pada mulanya Annisa hanya diterapi ruqyah, yaitu dengan perantara do’a dari Al Qur’an dan  hadits nabi Muhammad SAW, untuk meyakinkan bahwa yang mendatangkan sakit adalah Alloh, dan Alloh jualah yang menyembuhkan penyakit itu. Kemudian Annisa diterapi hijjamah atau bekam, yaitu dengan dikeluarkan darah kotornya. Pada awalnya Annisa hanya dibekam di 3 titik inti sunnah, yaitu di kahil/punuk dan dikedua bahunya. Dan alhamdulillah secara bertahap sekarang sudah sampai 9 titik inti sunnah rosul. Annisa kecil kadang menangis ketika dilakukan bekam, namun sambil diperdengarkan murottal al qur’an atau nasyid islami anak-anak, maka tangisnya akan terhenti, subhanalloh, anak kecil yang sholeheh.

    Semenjak itupun orangtuanya menghentikan obat-obatan kimianya dan diganti dengan herbal alami, yaitu dengan diberikan madu murni dan jus kurma setiap harinya. Dan hasilnya luar biasa, setelah rutin dibekam dan meminum herbal, tubuh Annisa bisa bertahan lebih kuat, bahkan tranfusi darah yang biasa ia lakukan sepekan 2 kali, nyaris tak pernah dilakukan lagi Allohu Akbar… Dialah sebaik-baik yang memberikan kesehatan.

    Sekarang usia Annisa menginjak 3 tahun, sedkit-sedikit daya tahan tubuhnyapun mulai membaik. Walaupun pertumbuhan tubuhnya tidak selayaknya anak kecil yang normal, namun Annisa mampu bertahan hidup, subhanallooh…Salam sehat buat Annisa kecil, semoga kedepan selalu ceria dan jadi anak yang sholehah yang sehat yang dicintai Alloh, Rosulnya kemudian jadi anak kebanggaan orangtuanya, aamiin…

     

     

    Bandung

    Ibnatu Muslim Asy Syathibi

     

     

     



  • Terapi Tegang Otot

    TERAPI TEGANG OTOT

    Seminggu yang lalu, saya belajar naik motor di lapangan terbuka. Soalnya sekarang dimana-mana jalanan macet sekali. Jadi saya beranikan diri untuk belajar naik motor biar pergi ke tempat kerja bisa lebih cepat. Awalnya sih saya takut belajar naik motor, apalagi waktu pertama kali belajar di jalan raya, tegang banget. Sampai-sampai leher dan bahu saya jadi kaku, bahkan sampai tangan, terutama tangan yang sebelah kanan. Dulu saya pikir, ah paling sakitnya cuma sebentar, karena tegang pegang stang motornya.

    Lama-lama, tangan kanan saya malah tambah sakit. Yang dirasakan mulai dari leher, ke bahu kanan, ke ketiak, terus sekitar belikat kanannya. Tangan saya terasa kesemutan, dingin dan kaku. Apalagi bagian pergelangan tangan sampai jari-jarinya, dipegang aja kayak ngilu banget. Akhirnya saya coba periksakan diri ke dokter, dan dokter menyarankan saya untuk tes darah di lab. Yang diperiksa waktu itu, kolesterol total, kadar asam urat dan gula darah.

    Setelah cek darah, ternyata hasilnya alhamdulillaah normal semua kok. Cuma kolesterol totalnya yang agak tinggi sedikit. Lalu dokter meresepkan obat untuk kolesterolnya dan bilang kemungkinan bagian ototnya yang tegang kalo emang sakitnya ketika mulai belajar naik motor. Dokter juga  menyarankan jaga pola makan, minum cukup dan olah raga yang teratur  biar ototnya rilex lagi.

    Namun seminggu setelah minum obat, tangan saya belum merasakan adanya perubahan, masih tetap aja sakit. Kebetulan ada teman yang punya keluhan yang sama, dan menyarankan saya untuk mencoba diterapi hijamah/bekam dan juga herbal sunnah.  Akhirnya saya juga mencobanya.

    Ketika di tempat terapi bekam, badan dan tangan saya yang sakit  dipijat relaksasi dulu dengan rotan untuk melenturkan otot-otot yang tegangnya, kemudian diterapi panas dengan minyak kay/minyak sinergi oil, titik yang paling dirasa paling sakitnya.  Baru kemudian dilakukan terapi bekam. Lalu terapisnya menyarankan juga herbal sunnah Habatussauda dan Minyak Zaitun serta Madu murni untuk melengkapi proses bekamnya.

    Alhamdulillaah, setelah diterapi bekam dan minum herbal-herbal sunnah, badan dan tangan kanan saya terasa ringan. Nyeri,kesemutan dan kebasnya mulai berkurang.  Saya diterapi bekam untuk pengobatan mulai dari sepuluh hari sekali, kemudian dua minggu sekali, dan akhirnya sebulan sekali untuk perawatan. Otot-otot yang dulu terasa tegang ketika naik kendaraan motor pun sudah mulai rilex dan lentur.

    Alhamdulillaah, saya bersyukur kepada Alloh, kemudian kepada teman saya yang mengenalkan saya pada terapi bekam dan herbal sunnah ini. Semoga siapapun yang merasakan sakit,  mau mencoba dan menikmati terapi bekam dan herbal sunnah, karena ini bagian dari mukjizat  yang Alloh turunkan kepada Nabi Muhammad SAW, seperti dalam sabdanya, “Kesembuhan itu ada pada 3 hal, minum madu, hijamah/bekam dan kay. Tapi aku melarang umatku untuk berobat dengan kay” (HR Muslim)

     

    Pondokgede, Senin 22 Jumadil Ula 1438 H/20 Februari 2017

    Ibnatu Muslim Asy Syathibi



  • Aduuuh Sakit Maag….!!

    ADUUUH SAKIT MAAG….!!

    Setiap pagi sebelum beraktifitas, Tanti sudah biasa minum obat pereda sakit maag. Karena kalo enggak, salah makan aja yang pedes-pedes atau yang terlalu asam, pasti perutnya jadi tidak bersahabat. Padahal kegiatannya begitu padat, dia aktif di organisasi sosial di lingkungannya.Begitu juga dengan pagi ini, dia siapkan segelas air hangat dan sebutir pil obat sakit maag, lalu dia berangkat menuju kantor kelurahan di desanya.  Rencananya hari ini ada jadwal rapat dengan Bapak Lurah untuk membahas tentang penghijauan dan kebersihan lingkungan.

    Namun ditengah jalan, tiba-tiba perutnya melilit tak karuan. Dia pegang dan dia tekan-tekan perut sebelah kirinya. Ya perut sebelah kirinya. Sakit itu dia rasakan sejak kecil, entah kenapa kayaknya nggak sembuh-sembuh, padahal dia suka memeriksakan diri ke dokter dan rajin juga minum obatnya juga. Setiap dia periksa, obat itu juga yang dikasih dokter, obat pereda sakit maag yang mengandung zat antasida untuk penetral  asam lambung, perih di ulu hati, panas pada perut kiri atas, mual, mulas dan kembung. Namun dia paksakan diri mengikuti rapat sampai selesai.

    Seusai rapat, salah satu temannya melihat wajah Tanti begitu pucat. “Kamu kenapa Tan, sakit? Wajahmu pucat begitu”. “Iya nih Des, maag saya lagi kambuh, padahal tadi padi saya  sudah minum obat maagnya. Gak tau kenapa, kadang suka  tiba-tiba aja muncul sakitnya. Makanan juga udah saya jaga”. “Suka minum madu enggak Tan?”. “Pernah sih terapi minim madu, tapi gak cocok, perut saya tambah melilit”. “Berapa lama konsumsi madunya?”. “Cuma sekitar 2 minggu, habis gak ada perubaham”. “Hmm pantesan.. Coba dech minum madunya harus rutin. Kalo pagi-pagi dicampur air hangat segelas, kalo ada tambahkan juga kayu manis dan temulawak. Siangnya jilat aja madunya 3 s/d  5 jilatan pake jari manis kanan, setiap 1 atau 2 jam sekali. In syaa Alloh reda kok. Dulu saya juga sama suka sakit maag kayak gitu, tapi semenjak terapi madu, terapi herbal sunnah, dan juga terapi ruqyah dan bekam, alhamdulilllah sakit maag saya udah jarang kambuh lagi. Shaum senin kamis lancar, makan pedes udah kuat, makan yang asem-asem juga sekarang malah seger he..asal tidak berlebihan aja. Padahal dulu mah boro-boro.., perut saya sensi banget dengan makanan yang pedas dan asem. Apalagi makan pisang tuh, wuih langsung melilit, padahal itu buah kesukaanku. Sekarang alhamdulillaah, makan pisang malah udah biasa sebelum makan juga, malah adem ke perut, BAB juga jadi lancar kalo makan buah sebelum makan. Coba dech, madu kan obat yang rekomendasinya langsung dari Alloh di QS An Nahl ayat 69, coba kamu buka. Bekam dan ruqyah juga sama, rekomendasinya dari Rosul. Ruqyah sih bisa ruqyah mandiri nanti. Tinggal rajin berbekam aja, minimal sebulan sekali kalo untuk perawatan. Kalo untuk pengobatan, bisa 2 minggu atau 10 hari sekal”.

    “Wah trimakasih buat infonya ya Des, saya juga  mau coba dech dengan terapi ruqyah, bekam , madu dan herbal sunnahnya. Mudah-mudahan sakit maag saya bisa sembuh. Dimana saya bisa diterapi bekamnya, soalnya saya belum pernah?”. “Oke In Syaa Alloh besok saya anterin. Nanti konsultasi dan diperiksa dulu kok gimana-gimananya. Dan jangan khawatir terapisnya juga muslimah, perempuan sama perempuan. Laki-laki juga sama laki-laki lagi, jadi aurot kita tetap terjaga. Oke sampai ketemu besok ya, mudah-mudahan kita semua bisa sehat dengan sunnah, dengan Thibbunnabawi/pengobatan cara nabi. Aamiin Yaa Robbal’alamiin”

    Pondokgede, Jum’at  12 Jumadil Ula 1438 H/10 Februari 2017

    Ibnatu Muslim Asy Syathibi

    sakit maag



  • Tips Agar Tetap Sehat Menjelang ,Saat,dan paska Idul Adha

    Tips Agar Tetap Sehat Menjelang ,Saat,dan paska Idul Adha
    Supaya Ibadah kita tetap khusu sehat tetap terjaga dan bisa menikmati daging kurban gimana caranya?
    1. Makan dalam porsi kecil
    Usahakan jangan mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang besar karena hal ini aka mengakibatkan perut anda menjadi nyeri karena esophageal sphincter akan terasa penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

    2. Hindari konsumsi makanan daging sebelum tidur
    Mengkonsumsi makanan yang terbuat daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan anda karena bisa mengakibatkan makanan ini akan tedorong lagi ke esophageal sphincter. Selain itu kualitas tidur anda pun akan terganggu, usahakan tidak mengkonsumsi makanan ini 2-3 jam sebelum anda tidur.

    3. Diet kaya serat
    Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan anda dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan menyebabkan susah BAB karena pencernaanya tidak lancar. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai.

    4. Perbanyak minum air putih
    Air putih ini juga berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkn buang air besar. Selain itu masih banyak manfaat lainya jika tubuh cukup cairan.

    5. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Pedas
    Makanan pedas memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika di konsumsi secara berlebihan akan membuat perut anda menjadi mulas dan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

    6. Kombinasikan masakan daging kambing dengan sayur agar seimbang
    Usahakan membuat variasi menu makanan saat idul adha misalnya buatlah menu makanan yang seimbang seperti menyisipkan beberapa sayuran seperti tomat, bawang merah atau bawang bombai pada masakan yang berlemak karena hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi lemak pada makanan tersebut.

    7. Pisahkah bagian lemak dari daging kambing sebelum memasaknya
    Ketika hendak mengkonsumsi daging hewan qurban pisahkanlah bagian yang berlemak dari daging tersebut saat membersihkanya. Selain itu ketika mengkonsumsi daging usahakan mengurangi makanan manis seperti sirup dan kue.

    8. Daging kambing yang dipanggang lebih menyehatkan daripada digoreng
    Daging kambing yang di bakar lebih baik dari pada yang di goreng, karena lemak pada daging

    IMG_20160817_145713



  • Waktu Terbaik Bekam Di Bulan Ramadhan

    Sahabat BRC yang dirahmati Allah SWT ,,,melakukan bekam ketika kondisi perut kosong itu sangat dianjurkan ketika tidak shaum setidaknya  2-3 jam sebelum bekam jangan sampai makan berat dahulu karena berpotensi mengakibatkan kurang efektipnya tujuan terapi bekamnya,jika ketika melakukan terapi bekam anda masih dalam kondisi kekenyangan,biasanya anda akan merasakan efek bekam  terasa tidak rilek dan anda bisa mengganggu kondisi pencernaan biasanya pusing dan muntah,,,, sehingga pada bulan Ramadhan ketika umat islam melakukan bekam sebetulnya itu waktu yang tepat untuk berbekam dengan syarat  ada beberapa hal yang diantaranya perlu diperhatikan supaya tujuan bekam untuk lebih sehat dan mengamalkan sunah berlipat pahala akan didapat,,,,

    1.Jika anda belum pernah berbekam ketika shaum maka siapkan kondisi anda   jangan lagi terlalu lemas atau terlalu lapar niatkan sejak waktu sahur supaya fisikologis anda akan siap pula; yakini bekam adalah amalan sunah sehingga jika dilakukan pada bulan Ramadhan akan berlipat pula pahalanya.

    2.Pilih waktu terbaik berbekam yang mendekati waktu berbuka siang menjelang sore jam.13,00 -16.00

    3.Lakukan konsultasi dan  pendiagnosaan kesehatan sebelum dilakukan terapi  sehingga tindakan terapinya lebih tepat ,kalau diBRC ambil terapi paket konsultasi diagnosa ruqyah bekam,

    4.dalam kondisi shaum lakukan terapi seefektip mungkin tidak terlalu banyak titik bekam yang diambil pilih yang utama dan dibutuhkan terapis bekam lebih paham makanya konsultasikan keluhan dan kondissi anda sebelum anda melakukan terapi bekam .walau hanya satu titik bekam yang diambil sebenarnya sudah membantu sistem imunitas anda akan jauh lebih baik dibanding anda tidak berbekam,,,,semoga Allah SWT,memberikan kekuatan kesehatan terbaik dan rijki yang berlimpah kepada kita semua untuk kita lebih beramal yang terbaik dibulan Ramadhan ini,,aamiin

    RBEKAM RAM



  • Pengobatan Bronkitis Kronis

    Pengobatan Bronkitis Kronis

    Bronkritis Kronis adalah batuk kronis disertai adanya dahak ketika tidak ditemukan faktor lain yang menyebabkan terjadinya batuk.yang dimaksud kronis disini adalah berlangsung selama tiga bulan berturut turut dan berulang selama dua tahun berturut-turut.

    Faktor penyebab Bronkitis Kronis

    Merokok,polusi lingkungan. Dan menghirup butiran debu atau zat kimia ,faktor keturunan, dan alergi terhadap zat kimia tertentu.

    Apa yang terjadi pada bronkitis kronis

    Sering terkena debu atau bagian-bagian zat berbahaya menyebabkan terjadinya peradangan pada mukosa bronkus. Ia merupakan faktor utama penyebab terjadinya penyempitan bronkus.

    Terjadinya penyempitan bronkus akibat pembesaran krlenjar lendir yang terdapat didalamnya dan pembesaran otot-otot otonom yang terdapat didinding bronkus. Jumlah sel-sel goblet yang memproduksi lendir meningkat menyebabkan peningkatan volume lendir dan menyebabkan terjadinya penyumbatan bronkus.

    Gerakan silia paru berkurang sementara sekresi lendir meningkat sehingga lendir sulit dikeluarkan. Akibatnya bronkiolus menyempit
    sehingga terjadilah sesak nafas.

    Pada tahapan lebih lanjut, akan terjadi kerusakan endotel yaitu selaput antara kapiler dan alveolus, sehingga pertukaran gas,yang dibutuhkan untuk mengendalikan kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah,terjadi kurang memadai.

    Gejala-gejala bronkitis Kronis

    Batuk disertai keluarnya dahak, sesak napas,meningkatnya kepenuhan paru-paru dan panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk menghembuskan napas sehingga menyebabkan timbulnya suara mengi (wezing)

    Sahabat sahabat untuk penanganan terapi pengobatan untuk bronkitis kronis baik dan bagus dengan melakukan bekam rutin dan konsumsi herbal,,selain menjaga atau meminimlisir faktor-faktor penyebabnya. Pembahasan efek bekam terhadap bronkitis kronis nanti dibahas setelah sahabat sahabat baca tentang alergi paru dan asma bronkial,,siap semangaatt :)



  • Pengobatan Radang Kandung Empedu

    Pengobatan Radang Kandung Empedu Adalah Radang yang terjadi pada kandung empedu yang umumnya disertai adanya batu kandung empedu

    Faktor penyebab:Tekanan terus menerus batu kandung empedu terhadap dinding kandung empedu ,Adanya bakteri pada getah empedu kuning yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kandung empedu

    ,Peradangan kimiawi akibat pengeluaran zat lisotelin.zat ini menyebabkan terjadinya peradangan pada dinding empedu

    Apa yang terjadi pada radang kandung empedu

    Akibat tekanan dinding kandung empedu, terjadilah kekurangan suplai darah ( iskemia) kedinding dan selaput dalam ( mukosa) sehingga menyebabkan peradangan pada dinding dan munculnya rasa nyeri yang kadang-kadang terasa hingga bagian atas perut dan kawasan diantara dua lempengan tulang belikat, biasanya disertai muntah dan mual.

    Terjadi pembesaran dan pembengkakan kantung empedu dan saluran salurannya sehingga kadang kadang mengakibatkan terjadinya peradangan pada pembuluh vena disekitar empedu.akibatnya ,terjadilah sumbatan dipembuluh sekitarnya.

    Efek Bekam terhadap Radang Kandung Empedu

    Bekam memiliki pengaruh lokal terhadap empedu. Ia menghilangkan sumbatan dipembuluh vena yang ada didinding empedu.ini bisa mencegah terjadinya kekurangan suplai darah(iskemia) yang terjadi pada empedu bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

    Zat nitrit oksida(NO) yang diproduksi tubuh karena stimulasi proses pembekaman berperan memperluas pembuluh darah diempedu sehingga menstimulasi sirkulasi darah dikantung empedu. Ini akan mencegah terjadinya pembengkakan dan peradangan pada dindingnya serta mengurangi peradangan pada pembuluh vena sekitarnya.

    Bekam berperan menstimulasi produksi zat endorfin dan enkefalin yang mengurangi rasa nyeri sehingga mengurangi kolik yang disebabkan oleh radang kandung empedu.

    Bekam berperan mengumpulkan sel darah putih pada kawasan peradangan sehingga membunuh bakteri penyebab radang kandung empedu

    Eksperimen hasil terapi bekam pada radang kandung empedu kadang kadang berkurang, kemudian kembali kambuh disebabkan adanya batu. Adapun radang kandung empedu yang disebabkan oleh faktor lain bisa diterapi dengan bekam dan hasilnya “Baik”.

    Penderita radang kandung empedu harus menghindari makanan berlemak sama sekali selama sakit dan hendaklah mengonsumsi makanan-makan yang mudah dicerna.

    Penurunan kadar kolestrol darah membantu pencegahan terjadinya bantu empedu. Dianjurkan tidak dilakukanpembekaman pada penderita apabila kolik yang dirasakan sangat hebat sehingga pasien tidak sanggup menjalani terapi b ekam dan kadang kadang muntah.

    Tidak masalah jika penderita radang empedu mengonsumsi obat Peredam nyeri baik setelah maupun sebelum berbekam

    Penderita radang kandung empedu hendaklah menggunakan sarana sarana pengobatan lain yang telah dijelaskan Rasululla yaitu berdoa dan bersedekah,

    Semoga bermanfaat jika sahabat sahabat atau diantara keluarga ada yang mempunyai keluhan radang kandung empedu ayo semangat lagi ya berikhtiar supaya sehat kembali ,untuk pengobatan radang kandung empedu dengan terapi bekam berkunjung saja ketempat kami jl kelurahan jati makmur komp ruko paradiso no 5 tepat sebelah superindo jatimakmur sebrang Pombensin. ,ditunggu ya.



  • Pengobatan Gastritis dan Tukak Lambung

    Pengobatan Gratitis dan Tukak Lambung

    Gratitis adalah peradangan pada mukosa (selaput) lambung. Kadang-kadang bisa mengakibatkan kerusakan atau pengikisan ( erosi ) mukosa tersebut atau bahkan mengakibatkan tukak ( borok ).

    Tukak Lambung adalah borok pada dinding lambung bagian dalam pada lokasi yang berdekatan atau yang selalu terkena pengeluaran asam ( HCL )

    Gejala gejala. Gastritis dan Tukak Lambung

    1. Kesulitan pencernaan, perut kembung dan kepenuhan, asam lambung berlebihan.

    2. Rasa nyeri pada kawasan mulut lambung.

    3. Mual-mual yang kadang- kadang disertai muntah.

    4. Selera makan rendah dan turunnya berat badan.

     

    Efek Bekam terhadap Gratitis dan Tukak Lambung.

    1.Bekam terbukti mampu mengatur produksi asam lambung sehingga kadar atau kepekatannya tidak melebihi batas normal yang kadang menyebabkan terjadinya peradangan atau tukak lambung.

    2. Bekam mengatur produksi enzim dan zat asam yang meningkatkan kemampuan pencernaan dan absorbsi (penyerapan) makanan.

    3.Pembekaman dibagian punggung berperan menenangkan saraf vagus, karena terjadinya stimulasi yang berlebihan padanya. Saraf inilah yang mengendalikan sekresi asam lambung. Stimulasi pada saraf ini mengakibatkan kelebihan sekresi zat somatostatin yang berperan menghalangi sekresi zat asam. Ditenangkannya saraf ini berperan mencegah terjadinya kelebihan kadar atau kekentalan zat asam, sehingga peradangan atau tukak lambung bisa dihindari.

    4.Bekam berperan meningkatkan sekresi zat prostaglandin dan zat bikarbonat yang keduanya berperan mengurangi pengaruh asam lambung di dinding lambung

    5.Ditemukan bahwa ukuran borok pada lambung terlihat mengecil setelah pembekaman setelah pembekaman. Hal itu dikarenakan stimulasi sirkulasi darah. Pada sel sel disekitar borok sehingga meningkatkan kecepatan pemulihan.

    6.Zat Nitirit oksida (NO) yang disekresikan tubuh bersamaan dengan pembekaman berperan mempermudah masuknya obat-obatan anti radang dan anti tukak lambung ke sel, zat. Nitrit oksida juga berperan mengantarkan anti biotik kesel sel mukosa lambung dalam kasus tukak lambung ,sehingga bisa melindungi sel dari serangan bakteri helicobacter pylori.

    7.Bekam mengurangi peradangan lambung dan ditemukan bahwa ia berperan mengurangi kadar zat histamin yang menyebabkan peradangan, yaitu melalui kuatnya isapan gelas bekam yang berpengaruh terhadazp selaput dalam lambung.



  • Pengobatan wasir Dengan Terapi Bekam

    Pengobatan wasir  dengan terapi bekam

    Wasir adalah pelebaran pembuluh darah pelebaran pembuluh darah vena dikawasan anus,kadang kadang disertai dengan pendarahan dan perasaan tidak nyaman.

    gejala-gejala wasir

    Pendarahan dari anus yang terjadi setelah buang air besar. Darah yang keluar berwarna merah. Kadang kadang juga ditemukan percikan darah pada tinja.

    Timbul benjolan keluar yang tingkatannya berbeda beda,tergantung keparahan turunnya benjolan dari anus.

    Kadang ada sekret yang keluar dari anus disertai iritasi.

    Kadang timbul rasa nyeri dan ketidak nyamanan apabila seseorang mengalami masalah masalah wasir, seperti pendarahan hebat,anemia,gumpalan darah,atau borok.

    Efek bekam terhadap penyakit wasir

    Bekam berperan menarik darah bekmh yang ada dipembuluh darah lubang anus sehingga menyebabkan suplai darah baru kekawasan tersebut maka tidak terjadi lagi bekuan darah dan borok.

    Bekam berperan mensuplai darah yang membawa nutrisi kedinding pembuluh darah sehingga berperan menguatkannya.dengan demikian,tidak terjadi pelebaran dan pembengkakan. Bekam juga berperan untuk mengantarkan nutrisi kekatup pembuluh darah yang lemah sehingga mengurangi tekanan didalamnya.dengan begitu tidak terjadi lagi pelebaran dan pembengkakan.

    Bekam berperan menguatkan dinding bagian damenguatkannyanus yang lembek pada kasus kasus wasir sehingga mengangkatnya kembali jika keluarnya tonjolan dari anus masih baru.

    Zat nitrit oksida NO berperan meningkatkan nutrisi yang sampai kepembuluh darah dilubang anus sehingga menguatkannya

    Hasil terapi bekam untuk kasus wasir adalah ” istimewa” tingkat keberhadilannya mencapai 90 % pemulihan kesehatan sudah terasa sejak dilakukannya terapi pertama kali dalam seluruh kasus,dalam sebagian kasusxdiperlukan pembekamn hingga 5 kali. Titik bekam untuk wasir adalah dipinggul dan diantaranya.