Pengantar Terapi Herbal

Terapi Herbal atau pengobatan herbal merupakan salah satu bagian dari Thibbunabawi atau pengobatan cara Nabi,,metodethibbunabawi diantaranya terdiri dari dua dasar metode yakni:

  • Pengobatan dengan metode alamiah
  • pengobatan dengan metode illahiyah

pengobatan herbal masuk pada metode alamiah merupakan pengobatan yang memanpaatkan  teknik peresepan bahan-bahan alami sesuai dengan kebutuhan tubuh,sebagai nutrisi atau menjaga kesetabilan daya tahan tubuh,dan juga sebagai bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak akibat penyakit atau yang lainnya. bahan alami yang dipakai tidak hanya dari tumbuhan  tetapi terdiri juga dari unsur hewani seperti,susu,daging,dll.

istilah herbal muncul dari bahasa inggris yaitu herb atau herbal,istilah ini ada dibidang ilmu botani,pengobatan dan kulkiner.

  • dalam bidang botani herbal adalah jenis tanaman yang memiliki batang kayu kecil danakan mati setelah sekali berbunga/berbuah.
  • dalam bidang kuliner herbal adalah tanaman yang digunakan sebagai bumbu dalam masakan
  • dalam bidang pengobatan herbal adalah jenis tanaman yang memiliki zat fitokimia yang mempunyai efek terhadap tubuh

dari tiga jenis tadi maka herbal identik dengan tanaman,mungkin sesuai dengan presepsi umunya herbal merupakan tanaman,atau tumbuhan yang diyakini derkhasiat untuk digunakan sebagai obat dalam penyembuhan suatu penyakit,dalam perkembangannya herbalpun bertambah ragamnya sekarang banyak beredar herbal yang menggunakan bahan dasar dari unsur hewani,,seperti dari mnyak ikan,atau organ hewan lainnya seperti sirip ikan hiu,,,ada pemanpaatan kandungan unsur hewan yang telah melalui proses sehingga dapat dimanfaatlkan kandung unsurnya yang bermanpaat bagi kesehatan.

Herbal secara umum pengobatan dengan bahan alami,dalam thibbunabawi herbal mencakup bab makanan dan minuman serta tambahan bahan olesan atau baluran untuk memperbaiki luka luar tubuh,oleh demikian itu herbal utama dalam memperbaiki kelemahan tubuh adalah pengaturan nutrisi makanan atau minuman  yang kita makan dalam kehidupan sehari-hari.adapun herbal yang sengaja diracik atau diramu itu merupakan tambahan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki kelemahan atau kerusakan tubuh sesuai hasil diagnosis /pemerikasaan terlebih dahulu oleh seorang terapis herbalis.

maka penting dalam thibbunabawi seorang pasien menyadari akan   pentingnya pola makan,dan aktifitas thibbunabawi ,,pengobatan warisan Nabawi

.

 


Comments are closed.