Pengobatan Gastritis dan Tukak Lambung

Pengobatan Gratitis dan Tukak Lambung

Gratitis adalah peradangan pada mukosa (selaput) lambung. Kadang-kadang bisa mengakibatkan kerusakan atau pengikisan ( erosi ) mukosa tersebut atau bahkan mengakibatkan tukak ( borok ).

Tukak Lambung adalah borok pada dinding lambung bagian dalam pada lokasi yang berdekatan atau yang selalu terkena pengeluaran asam ( HCL )

Gejala gejala. Gastritis dan Tukak Lambung

1. Kesulitan pencernaan, perut kembung dan kepenuhan, asam lambung berlebihan.

2. Rasa nyeri pada kawasan mulut lambung.

3. Mual-mual yang kadang- kadang disertai muntah.

4. Selera makan rendah dan turunnya berat badan.

 

Efek Bekam terhadap Gratitis dan Tukak Lambung.

1.Bekam terbukti mampu mengatur produksi asam lambung sehingga kadar atau kepekatannya tidak melebihi batas normal yang kadang menyebabkan terjadinya peradangan atau tukak lambung.

2. Bekam mengatur produksi enzim dan zat asam yang meningkatkan kemampuan pencernaan dan absorbsi (penyerapan) makanan.

3.Pembekaman dibagian punggung berperan menenangkan saraf vagus, karena terjadinya stimulasi yang berlebihan padanya. Saraf inilah yang mengendalikan sekresi asam lambung. Stimulasi pada saraf ini mengakibatkan kelebihan sekresi zat somatostatin yang berperan menghalangi sekresi zat asam. Ditenangkannya saraf ini berperan mencegah terjadinya kelebihan kadar atau kekentalan zat asam, sehingga peradangan atau tukak lambung bisa dihindari.

4.Bekam berperan meningkatkan sekresi zat prostaglandin dan zat bikarbonat yang keduanya berperan mengurangi pengaruh asam lambung di dinding lambung

5.Ditemukan bahwa ukuran borok pada lambung terlihat mengecil setelah pembekaman setelah pembekaman. Hal itu dikarenakan stimulasi sirkulasi darah. Pada sel sel disekitar borok sehingga meningkatkan kecepatan pemulihan.

6.Zat Nitirit oksida (NO) yang disekresikan tubuh bersamaan dengan pembekaman berperan mempermudah masuknya obat-obatan anti radang dan anti tukak lambung ke sel, zat. Nitrit oksida juga berperan mengantarkan anti biotik kesel sel mukosa lambung dalam kasus tukak lambung ,sehingga bisa melindungi sel dari serangan bakteri helicobacter pylori.

7.Bekam mengurangi peradangan lambung dan ditemukan bahwa ia berperan mengurangi kadar zat histamin yang menyebabkan peradangan, yaitu melalui kuatnya isapan gelas bekam yang berpengaruh terhadazp selaput dalam lambung.


Comments are closed.