Pengobatan Penyakit Dengan Daun Tempuyung

tempuyung 2

KHASIAT AJAIB DAUN TEMPUYUNG

Apa itu Daun Tempuyung?

Berbentuk silinder dan mengeluarkan getah,daunnya oval dan rasanya pahit,bunganya kuning,dan buahnya keras,tipis berwarna coklat kekuningan,penelitian membuktikan bahwa tempuyung mengandung  alfalaktoserol,mannitol,inositol,silica,kalium,flavonoid,dan taraxasterol.

Nama Lokal

dijawa sering disebut galing,jombang,jombang lalakina,lempung,lampenas,rayana(sunda) tempuyung (jawa tengah)

Ciri-ciri daun tempuyung

daun tunggal,bagian bawah tumbuh dan berkumpul pada pangkal membentuk roset akar.helai daun berbentuk lanset atau lonjong,ujung runcing,pangkal bentuk jantung,tepi berbagi menyirip,tidak teratur,panjang 6-48 cm,lebar 3-12 cm,warnanya hijau muda,daun yang keluar dari tangkai bunga bentuknya kecil dengan pangkal memeluk batang,letak berjauhan,berseling.

perbungaan berbentuk bongol yang tergabung dalam malai,bertangkai,mahkota bentuk jarum,warnanya kuning cerah,lama kelamaan menjadi cerah kecoklatan.buah kotak ,berusuk lima,bentuknya memanjang sekitar 4mm,pipih berambut,coklat kekuningan.

Manfaat dan Khasiat Daun Tempuyung

Tempuyung dapat digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit diantaranya:

  • pengobatan batu saluran kencing dan batu empedu
  • pengobatan radang usus buntu (apendistis),radang payudara (mastitis)
  • pengobatan disentri
  • pengobatan wasir
  • pengobatan beser mani (spermatorea)
  • pengobatan darah tinggi ( hipertensi)
  • pengobatan pendengaranberkurang ( tuli)
  • pengobatan rematik gout, dan pengobatan memar
  • pengobatan bisul dan pengobatan luka bakar

Efek farmakologis dan hasil penelitian

penelitian pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dsn pelarutan batu ginjal in vitro,menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik,namun mempunyai daya melarutkan batu ginjal
  2. daya melarutkan  batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik dari pada ektarak alkohol (Giri HardiyatmO, fak. Farmasi UGM1991)

praperlakuan flavonoid fraksi asetat daun tempuyung mampu menghambat hepatotoksisitas karbon tetraklorida (ccl4) yang diberikan pada mencit jantan( Atiek Liestyaningsih,fak.farmasi UGM1991)

contoh pemakaian secara alami

Pengobatan Radang Payudara

tumbuhan tempuyung segar sebanyak 15 gram direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas setelah dingin disaring.lalu diminum sekaligus lakukan2-3 kali sehari

atau satu uncang teh tempuyung dari BRC yang sudah diproses kemas menjadi teh celup diseduh dengan segelas air panas diamkan selama lebih kurang 5 menit setelah berubah warnanya maka angkat teh nya simpan dan dikeringkan disimpan ditempat tertutup dan bersih karena bisa  diseduh lagi sampai 2 kali seduh,,,airnya didiamkan sampai hangat lalu bisa dilangsung diminum bersama herbal lainnyaseperti madu sesuai anjuran terapis yang memerikasa.

Pengobatan Bisul

Batang dan daun tempuyung segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk halus.air vperasanya digunakan untuk mengkompres bisul.

Pengobatan Darah Tinggi,Kandung Kencing Dan Kandung Empedu Berbatu

Daun Tempuyung Segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu diasapkan sebentar.makan sebagai lalap bersama nasi .lakukan 3 kali sehari. atau kalau teh celupnya diminum 2-sampai 3 kali sehari dan efektipkan dengan metrangsang imunitas tubuh untuk mengembalikan sistem tubuhnya dengan melakukan terapi bekam 10 hari sekali atau 15 hari sekali.

Pengobatan  Kencing Batu

daun tempuyung kering sebanyak 250 mg direbus dengan 250 cc air bersih sampai tersisa 150 cc.setelah dingin disaring  dibagi untuk 3 kali minum, tau kalau menggunakan teh celup tempuyung cukup 2 kali saja satu uncang bisa diseduh sampai 3 kali,habiskan dalam sehari. lakukan setiap hari sampai sembuh.daun tempuyung,daunadvokad (persea america),daun sawi tanah (Nasturtium montanum),

seluruhnya bahan segar sebanyak 5 lembar dan 2 jari gula enau dicuci bersih sampai tersisa 3/4 gelas.daun tempuyung dan daun keji beling(strobilanthes crispus) segar masing-masing 5 lembar,jagung muda 6 buah dan 3 jari gula enau dicuci dan dipotong-potong seperlunya.rebus dengan 3 gelas air bersih potong seperlunya.rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya.setelah dingin disaring lalu diminum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Pengobatan kurang pendengaran (tuli)

herba tempuyung segar dicuci bersih lalu bilas  dengan air masak.Giling sampai halus,lalu peras dengan kain bersih.airnya diteteskan pada telinga yang tuli.3-4 kali sehari.

UNTUK DIKONSUMSI BAIKNYA 1 JAM SEBELUM MAKAN

 Teh-Tempuyung jasa rama BRC

 

bagian yang digunakan :

daun dan seluruh tumbuhan

 

 


Comments are closed.